SILABUS
Nama Sekolah
: SMA NEGERI 1 MEMPURA
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA Peminatan
Kelas : X
TP. :
2017/2018
Kompetensi
Inti :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap senang, percayadiri, motivasi internal, sikap
kritis, bekerjasama, jujur dan percayadiri serta responsif dalam
menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan
lingkungan sosial dan alam
2.3 Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap
berbagai perbedaan di dalam masyarakat.
|
|||||
3.1. Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai
konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah
3.2. Menganalisisdata sifat-sifat grafik
fungsi eksponensial
dan logaritma dari suatu
permasalahandan
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Fungsi,
Persamaan, Pertidaksamaan Eksponensial dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca mengenai
pengertian fungsi,mengamati
grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial dan logaritma, dan penerapannya pada
masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian fungsi, grafik
fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi,
persamaan, pertidaksamaan eksponen
dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
· Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan
penerapannya pada masalah nyata.
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian fungsi, grafik
fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi, grafik
fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan grafik/diagram.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati pengertian fungsi,mengamati grafik
fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial dan logaritma,, dan penerapannya pada
masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku,
artikel cetak, atau elektronik).
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian fungsi,mengamati grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial dan logaritma, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang yang sudah diselesaikan, kemudian membuat
refleksi diri.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian fungsi,mengamati
grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial dan logaritma, dan penerapannya pada
masalah nyata.
|
18 jam pelajaran
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.1. Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma
dalam memecahkan
masalah nyata terkait pertumbuhan dan
peluruhan.
4.2. Mengolah data
dan menganalisis menggunakan
variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata
serta
menyelesaikannya.
|
|||||
3.3 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
sistem persamaan linierdan kuadrat dua variabel (SPLKDV) dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan
penyelesaiaanya
3.4 Menganalisisnilai
diskriminan persamaan
linierdan kuadrat dua variabel dan menerapkannya untuk menentukan
himpunan penyelesaian
sistem persamaanyang diberikan.
3.5 Mendeskripsikan konsep
sistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel
danmenerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaiannya.
3.6 Menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat
dua variabel pada sistemyangdiberikan
dan mengarsir daerah
sebagai himpunan
penyelesaiannya.
|
Sistem Persamaan
dan
Pertidaksamaan Kuadrat
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengasosiasi
· Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
·
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku,
artikel cetak, atau elektronik).
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV &
SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi
diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV
& SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
21 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.3 Memecahkan dan menyajikan hasilpemecahan
masalah nyata sebagai
terapan konsep dan aturan penyelesaian
sistem persamaan linierdan
kuadrat dua variabel.
4.4 Mengolah dan menganalisis informasidari
suatu permasalahan nyata
dengan memilih variabel
dan membuat model
matematikaberupasistem
persamaan linierdan kuadrat dua variabel dan mengiterpretasikan
hasilpenyelesaian sistem tersebut.
4.5 Memecahkan masalah dengan membuat model matematikaberupasistem pertidaksamaan
kuadrat dua variabel
serta menyajikan
pemecahannyadengan
berbagai cara.
|
|||||
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan
dan nilaimutlak dalam
menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan
pecahan,irrasional
dan mutlak.
3.8 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
pertidaksamaan
pecahan,irasional,
dan mutlak dalam menyelesaikan masalah
matematika.
3.9 Mendeskripsikan dan menerapkan
konsep dansifat-sifat pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak
dengan melakukan manipulasi aljabar dalam
menyelesaikan
masalah
matematika.
3.10 Menganalisisdaerah
penyelesaian
pertidaksamaan
pecahan, irrasional dan mutlak.
|
Pertidaksamaan
Nonlinear
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
· Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian,
metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku,
artikel cetak, atau elektronik).
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan
nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi
diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan
pecahan,irrasional
dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
12 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.6 Memecahkan masalah
pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak
dalam penyelesaian masalah nyata.
|
|||||
3.11 Mendekripsikan konsep
danaturan padabidang
datarsertamenerapkannyadalam pembuktian sifat-sifat
(simetris, sudut, daliltitik tengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmengaris, dll) dalam geometri
bidang.
|
Geometri
Bidang
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat–sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
· Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata.
· Menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan
mencermati mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku,
artikel cetak, atau elektronik).
· Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi
diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat –sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
24 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.7 Menyajikan data
terkaitobjek nyatadan
mengajukan masalah
sertamengidentifikasi sifat-sifat
(kesimetrian,
sudut, dalil titiktengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmengaris, dll) geometri bidangdataryangbermanfaat
dalam pemecahan
masalah nyatatersebut.
|
|||||
3.12 Mendeskripsikan konsep persamaanTrigonometri dan
menganalisis
untuk membuktikan sifat-sifat
persamaan Trigonometri
sederhanadan
menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Trigonometri
|
Mengamati
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengasosiasi
· Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
Membaca dan
mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber
belajar (buku, artikel cetak atau elektronik).
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan identitas trigonometri,
kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian
persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
18 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·
Buku referensi dan artikel.
·
Internet.
|
4.8 Mengolah dan menganalisis informasidari suatu
permasalahan
nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan
Trigonometri
serta menggunakannya dalam menyelesaikan
masalah.
4.9 Merencanakan dan melaksanakan strategi dengan
melakukan manipulasi aljabar dalampersamaan
Trigonometri untuk membuktikan
kebenaran
identitas Trigonometri sertamenerapkannya
dalam pemecahan
masalah
kontekstual.
|
Mengetahui, Mempura, Juli 2017 Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. RUSTAM EFFENDI JHON
FERIZAL, S.Si
NIP. 196905101995121002 NIP. 197906152005011013