Rabu, 11 April 2018

Silabus kelas X MIA Matematika Peminatan


                                                                                                                SILABUS

Nama Sekolah                   : SMA NEGERI 1 MEMPURA
Mata Pelajaran                 : MATEMATIKA Peminatan
Kelas                                     : X
TP.                                          : 2017/2018


Kompetensi Inti                    : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.     Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan sikap senang, percayadiri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percayadiri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2   Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
2.3   Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat.



























3.1.      Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
3.2.       Menganalisisdata sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma dari suatu permasalahandan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Fungsi, Persamaan, Pertidaksamaan Eksponensial dan Logaritma

















Mengamati
Membaca mengenai pengertian fungsi,mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial  dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata  dari berbagai sumber belajar.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengasosiasi
·  Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
·   Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi, grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan grafik/diagram.

Tugas
·   Membaca dan mencermati pengertian fungsi,mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial  dan logaritma,, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
·   Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian fungsi,mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial  dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian fungsi,mengamati grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi, persamaan, pertidaksamaan eksponensial  dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
18  jam pelajaran
















·     Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·     Buku referensi dan artikel.
·     Internet.













4.1.   Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2.   Mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.

3.3   Mendeskripsikan dan menerapkan konsep sistem persamaan linierdan kuadrat dua variabel (SPLKDV) dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya

3.4   Menganalisisnilai diskriminan persamaan linierdan kuadrat dua variabel dan menerapkannya untuk  menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaanyang diberikan.

3.5    Mendeskripsikan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel danmenerapkannya untuk menentukan himpunan penyelesaiannya.

3.6   Menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat dua variabel pada sistemyangdiberikan dan mengarsir daerah sebagai himpunan penyelesaiannya.

Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat
















Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengasosiasi
·     Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
·     Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.





Tugas
·   Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
·   Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV & SPtKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.

21 jam pelajaran

·     Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·     Buku referensi dan artikel.
·     Internet.



4.3 Memecahkan dan menyajikan hasilpemecahan masalah nyata sebagai terapan konsep dan aturan penyelesaian sistem persamaan linierdan kuadrat dua variabel.
4.4 Mengolah dan menganalisis informasidari suatu permasalahan nyata dengan memilih variabel dan membuat model matematikaberupasistem persamaan linierdan kuadrat dua variabel dan mengiterpretasikan hasilpenyelesaian sistem tersebut.

4.5 Memecahkan masalah dengan membuat model matematikaberupasistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel serta menyajikan pemecahannyadengan berbagai cara.

3.7       Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan dan nilaimutlak dalam menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak.

3.8       Mendeskripsikan dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan,irasional, dan mutlak dalam menyelesaikan masalah matematika.

3.9       Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dansifat-sifat pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak dengan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika.


3.10     Menganalisisdaerah penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.

Pertidaksamaan
Nonlinear
















Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengasosiasi
·     Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada  pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
·     Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.


Tugas
·     Membaca dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
·     Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.

12 jam pelajaran

















·     Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·     Buku referensi dan artikel.
·     Internet.

















4.6      Memecahkan masalah pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak  dalam penyelesaian masalah nyata.

3.11    Mendekripsikan konsep danaturan padabidang datarsertamenerapkannyadalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, daliltitik tengah segitiga, dalil intersep, dalil segmengaris, dll) dalam geometri bidang.

Geometri Bidang 



Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar,  dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat–sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengasosiasi
·     Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada  pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar,  dan penerapannya pada masalah nyata.
·     Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar,  dan penerapannya pada masalah nyata.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.

Tugas
·     Membaca dan mencermati mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
·     Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian titik,garis, sudut, bidang dan sifat –sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.

24 jam pelajaran

·     Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·     Buku referensi dan artikel.
·     Internet.


4.7   Menyajikan data terkaitobjek nyatadan mengajukan masalah sertamengidentifikasi sifat-sifat (kesimetrian, sudut, dalil titiktengah segitiga, dalil intersep, dalil segmengaris, dll) geometri bidangdataryangbermanfaat dalam pemecahan masalah nyatatersebut.
3.12    Mendeskripsikan konsep persamaanTrigonometri dan menganalisis untuk membuktikan sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhanadan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Trigonometri

Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas  trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
·     Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada  pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas  trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
·     Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas  trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
Tugas
Membaca dan mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas  trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak atau elektronik).
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan identitas trigonometri, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
18 jam pelajaran
·     Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan kelas X Karangan Sukino Kurikulum 2013.
·     Buku referensi dan artikel.
·     Internet.



4.8    Mengolah dan menganalisis informasidari suatu permasalahan nyata dengan membuat model berupa fungsi dan persamaan Trigonometri serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah.
4.9     Merencanakan dan melaksanakan strategi dengan melakukan manipulasi aljabar dalampersamaan Trigonometri untuk membuktikan kebenaran identitas Trigonometri sertamenerapkannya dalam pemecahan masalah kontekstual.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
Mengetahui,                                                                                                                                                                Mempura,       Juli  2017                 Kepala Sekolah                                                                                                                                                         Guru Mapel


                                                                                                                                                                                                                       




Drs. RUSTAM EFFENDI                                                                                                                                        JHON FERIZAL, S.Si
NIP. 196905101995121002                                                                                                                            NIP. 197906152005011013